Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

promoritel.com

promoritel.com

Rahasia Sukses Bisnis Toko Minimarket atau toko Kelontong

Rahasia Sukses Bisnis Toko Minimarket atau toko Kelontong, pangsa pasar khusnya di indonesia diman masih sangat menjanjikan untuk berbagai bisnis apalagi toko ritel baik minimarket atau kelontong yang sipatnya menyediakan kebutuhan sehari hari.

Ada beberapa hal maupun umum kita jumpai Rahasia Sukses Bisnis Toko Minimarket atau toko Kelontong yang mana nilai investasi didalamnya cukup menjanjikan dan begitu prospektif, kita bisa liat begitu menjamurnya saat ini minimarket maupun toto kelontong baik ritel moderen maupun tradisional, namun tetap saja masih begitu prospektif, ini menandakan peluangnya masih layak.

Ada beberapa hal yang harus di pelajari dan di perak kan agar bisnis kita berjalan dengan baik, perlu kita ketahui Rahasia Sukses Bisnis Toko Minimarket atau toko Kelontong yang sipatnya menjual kebutuhan sehari hari juga harus memiliki riset kusus didalamnya baik trik-trik metode Copywriter cara mempengaruhi orang lain dan meyakinkanya agar ia mau beli, banyak hal yang perlu kita pelajari dari membangun bisnis minimarket dan toko kelontong atau sembako ini, diantaranya sebagai berikut.

Rahasia Sukses Bisnis Toko Minimarket atau toko Kelontong

Rahasia Sukses Bisnis Toko Minimarket atau toko Kelontong


1. Memilih lokasi strategis

Memilih lokasi yang akan kita bangun usaha toko minimarket atau toko kelontong kita memelukan riset didalamnya dan diantaranya kita harus tau berapa jumlah penduduk suatu daerah tersebut, misalnya satu daerah tersebut memiliki :

ILUSRASI

NO

JUMLAH KK

JULAH JIWA

PESENTASE PEMBELI

BAIK\BURUK

 1

 1000 KK

 3000 JIWA

 5%

BURUK

 2

 1500 KK

 4000 JIWA

 5,7%

MENENGAH

 3

 2000 KK

 5000 JIWA

 10%

BAIK

 4

 3000 KK

 7000 JIWA

 12%

BAIK SEKALI

 5

 10000 KK

 3000 JIWA

15%

SUPER SEKALI

Diperkirakan jumlah pembeli bulanan dari keseluruhan secara pengalaman saya seperti tabel di atas, maka jika kamu pemula baiknya mulailah dari yang terkecil misalnya toko kelontong yaitu poin no 2 (dua) yang sipatnya menengah mengah,

Untuk arah lintasan baik kanan atau kiri itu sama saja tidak ada masalah menurut paham kami, jika hendak lebih baiknya cukup perhatikan lahan parkir saja, kakulasinya cukup untuk parkir 2 sampai 3 mini bus itu sudah baik.

Perkiraan sewa ruko di sekitar sekitar darah tersebut jika rata -tara setiap ruko sewanya mencapai 10 juta pertahun maka sudah baik, jika sewa ruko 20 juta pertahun maka artinya pangsa pasar di lokasi tersebut sudah terbilang sangat baik, jika sewa ruko mencapai 25 -30 juta pertahun maka saya sarankan untuk menyewa 2 ruko sekalin karena jika sudah mencapai perkiraan sewa sebesar itu pastinya persaingan sangat ketat dan kita harus memerlukan trik kesan konsumen, seperti kesan kepdatan barang kelengkapan dan kelengkapan barang.

Baiknya perkiraan modal investasi minimarket dan toko kelontong itu 50 -100 juta untuk kalangan pemula.

Jika sudah mumpuni, daerah yang tingkat persainganya sampai tinggi atau menegah maka kita perlu modal taksiran 150-500 juta.

Ini semua hanya prediksi perkiraan kebutuhan saja namun kebiasaan berbeda di lapangan tergantung lokasi tempat daerah masing-masing.

2. Tata letak barang agar terkesan untuk minimarket atau juga toko kelontong

Kita mulai dari pewarnaan TOKO, ushakan mini market meiliki corank warna yang khas uper norak biasanya wrna merah hijau muda, kuning, paduan kuning ijo abu abu juga bisa asalkan kesanya berbeda, tujuanya hanya untuk dapat mengalihkan pandangan konsumen saja.

Untuk rak usahakan besi atau rak-rak seperti Rak minimarket bsar atau semisalnya, ini hanya memberi ciri has tingkat ke profesionalan saja sebenarnya.

Untuk barang maka letakkan barang paling konsumtip di rak paling depan misalkan Gula minyak jajanan ringan dan lain lain, sementara kebutuhan yang mendesak seperti pempes minuman dingin dan sejenisnya letakan di samping atau di belakang tujuanya agar kosumen bisa melirik barang barang yanglain.

Nah untuk jajanan letkakn depan kasir semua parian baik mahal maupun kcil, karena ini targetnya anak anak.

Sebenarnya banyak lagi dan panjang ceritanya kamu bisa lihah di sinia seputar cara berdagang.

3.  Menghitung Perkiraan waktu balik modal

Perkiran balik modal berikut ilustrasinaya pada tabel berikut:

NO

Omset Harian

bulanan

Tahunan

Profit bersih 10% tahunan

1

Rp 500.000

Rp 15 juta

180 JUTA

Rp 18 Juta

2

Rp 1000.000

Rp 30Juta

360 juta

Rp  36 juta

3

Rp 2000.000

60 juta

720 juta

Rp 72 juta

4

Rp 5000.000

150 juta

1.8 miliar

RP 180 Juta

5

RP 8000.000

240 Juta

2.8 MILIAR

Rp 280 juta

Tabel diatas adalah perkiraan saja sedikit dari banyaknya yang di dapat di lapangan.

Sementara hasil sebenarnya itu ril ketika kita sudah menjalankan bisnis tersebut. 

 menjalankan manajemen operasional sehari-hari, termasuk menata dan mengelompokkan dagangan, mengatur stok, mengendalikan barang rusak atau hilang+ menetapkan struktur organisasi dan pembagian tugas yang efektif

4. Menghadapi persaingan  (RIVAL)

Rival atau pesaing itu dimana mana memang sangat membuat jantung berdebar debar, tetapi ambil hikmahnya saja, adanaya Rival bisnis itu baik sebenarnya, karena dengan adanya rival bisnis sudah pasti mau-takmau kita akan berinovasi menyusun setrategi untuk menigkatkan penjualan pada toko kita, dengan demikian toko kita mampu bertahan.

4.1. Amati pelajari dan tiru

Amati pelajari dan tiru artinya pangsa pasar yang cenderung berubah ubah sehingga tingkat modal dan harga jual sering sekali mendominasi akibatnya harga ada yang seharusnya murah malah di jual lebih mahal, ada juga barang unik dan barang-baru yang belum ada di toko kita tetapi sudah ada di tetangga sebelah, hal ini pelu diamati dan di tiru agar keselaran toko kita dan tetangga minimal sama.

4.2. Fokus dan amati usaha anda

Artinya jangan lengah dan anggap enteng dengan pengelolaan toko anda, jangan sampai barang paling laku di toko anda habis.

Intinya ada harus mengetahui tatletak dan barang barang stok menipis barang barang tidak laku dan lama terjual juga barang barang yang sudah operlod atau kebanyakan stok. Dengan demikian toko anda tetap rapi dan lengkap.

4.3. Cari rekan kerja atau mitra usaha anda

Intinya dalam membangun usaha di perlukanya mitra sebagai pemuhan kebutuhan barang agar barang tak telalu sulit di cari dan kita tetap mendapatkan info terbaru seputar bisnis kita .

Dengan demikian info barang barang laku dan barang discon juga barang barang naik harga dapat kita sesuakan pada keadaan yang lebih cepat.

4.4. Pelajari Copywriter

Copywriter ini merupakan cara mempengaruhi konsumen melalui tulisan yang mampu membuat pembacanya tergiur untuk membeli, sering disebut cara mempersuasi konsumen, atau mebuat yakin konsumen Kata kata kerennya seperti promosi potongan harga tebus murah.

Tujuanya agar pelanggan tetap setia belanja ke toko kita dengan demikian toko kita akan terlihat lebih terbuka dan lebih profesional.

4.5. Bangun Brand

Bangun brand kamu sejak sekarang jaga kepecayaan jaga nama baik pribadimu maupun usahamu jual dagangan anda sesuai apa adanya agar sewaktu waktu kepercayaan seseorang kokoh terhadap dirimu dan usahamu.

Kesimpulannya  ambil langkah –langkah sejak awal untuk mengantisipasi yang kemungkinan terjadi secara tidak terduga di kemudian hari, selalu bangun brand anda agas senantiasa bisa di percaya,  luangkan waktu mengamati dunia sekitar agar mindsetatau pikiran anda semakin luas dan berwawasan lebih, dan bijaklah bertindak selanjutnya perbanyaklah berbagi karena tak ada artinya hidup tampa berbagi.



Post a Comment for "Rahasia Sukses Bisnis Toko Minimarket atau toko Kelontong"