Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

promoritel.com

promoritel.com

5 CARA BERSAING SEHAT ALA MINIMARKET\TOKO KELONTONG RITEL MODEREN

Salah satu masalah yang paling banyak membuat para fonder minimarket adalah bersaing, dalam masalah bisnis lain sebenarnya bersaing itu merupakan momok yang membuat kepala mikir banyak.

Ada beberapa masalah sebenarnya yang paling perlu kita perbaiki di sitem minimarket atau toko kelontong bahkan toko-toko lain juga, tapi kita fokuskan kepada sektor toko kelontong atau mini market ritel moderen.

Kami membahas berdasarkan pengalam selam kami membuka gerai minimarket si dua kabupaten, hal ini membuat kami keras berinovasi selangkah demi selangkah, pengalamn selama ini paling dominan kami dapati di lapangan di daerah kami dengan pesaing yang lumayan berikut kami rangkum beberapa masalah yang sering di jumpai dan perlu di benahi:.

1. Bagaimana cara mengatasi pesaing yang usahanya sama dengan usaha anda

        Bagaimana cara mengatasi pesaing yang usahanya sama dengan usaha anda? Ini paling banyak terjadi dilapangan dan bagai mana cara mengatasinya ''jika sudah terjadi masalah demikian maka usahakan barang yang kamu jual harganya sama dengan pesaing kita, misalkan ada pesaing anda menjual gula pasir 12.500/kg, pada masalah ini kamu jual gula pasir 13.000/kg sementara kamu modal gula saja sudah 12.250\kg lalu bagai mana mungkin kita jual tampa dapat untung.
  • pada saat berdagang tak perlu pikir banyak dapat untung yang terpenting adalah laju perputaran nya saja, sedikit terlihat untung tetapi apabila putaran keuanganya banyak maka untung bisa besar juga.
  • semua barang sipatnya primer jual dengan harga sama persis dengan kompetitormu, harga sama terkecuali barang barang yang sipatnya sekunder dan tersier.

2. Desain toko kelontong modern atau minimarket

        Desain  toko kelontong ini mengikuti jamanya, pada saat ini toko kelontong haruslah memiliki disain yang moderen:
  • Ada pamplet atau papan nama toko
  • warna toko terang cerah dan sedikit norak warna (merah,putih hijau kuning pink) tujuanya hanya untuk supaya mengalihkan perhatian konsumen saja.
  • rak-rak yang rapi berwarna cerah
  • tata barang rapi sesuai urutan jenis-jenis barang
  • ada lebel haraga barang juga
  • selebihnya masukkan ciri khas toko anda, misalnya ada cat merah putih atau cat lebel merek rokok dan lain lain

3.  Penataan toko kelontong modern

        Penataan toko ritel moderen atau cara menata warung sembako agar terlihat menarik itu cenderung harus mengikuti toko ritel minimarket yang sudah berpengalaman, misalkan alfamaat indomaret dan sejenisnya ada bebrapa penataan barang agar kesan barang itu murah:
  • letakkan barang berupa minyak gula susu dan roti-roti di depan toko, karena setiap mereka melihat adanya gula dan minyak, cenderung mereka akan menanyakan berapa harga gula minyak tersebut, kalu kita jual murah dari tetangga maka konsumen kenak deh.
  • letakkan permen dan jajanan paling murah paling, unik di hadapan kasir
  • ganti ganti barang 3hari sekali yang kita letakkan di hadapan kasir tersebut.
  • beri kesan padat barang di depan toko, agar seolah olah barang kita lengkap dan banyak.

4. Isi warung sembako atau toko ritel moderen

        Bersaing isi warung sembako bagai mana caranya:
  • Isi barang dengan kebutuhan sipatnya Primer banyakin barangnya dan lengkapi dengan jajanan anak anak barang unik, sebaliknaya jika minimarket maka lengkapi dengan barang barang yang sifatnya sekuder atau barang barang bersipat pelengkap seperti sabun roti peralatan kosmetik dan sejenisnya.
  • riset ke toko langganan tempatmu belanja dan ambilah barang yang menurut orang toko tersebut laku di jual di tempatnya
  • hindari mengisi barang yang sipatnya tersier terlalu banyak karena barang ini cukup lama laju putarannya

5. cara menghitung laba toko kelontong

        cara menghitung laba toko kelontong ini sangat sulit bagi pemula tapi ini sangat mudah bagi yang berpengalaman, berdasarkan pengalaman kami cara menghitung laba toko kelontong da tiga katgori cara menghitung laba toko kelontong:
  1. barang barang sipatnya primer, kalkulasi untung atara 3% sampai 10% contoh minyak gula susu anak, pempes DLL yang sipatnya paling primer
  2. barang barang sipatnya sekunder kalkulasi pengambilan untung 15% sampai 25% contoh seperti roti jajanan anak ES minuman dan sejenisnya
  3. kalau tersier itu kalkulasi pengambilan untungnya antara 25% sampai 100% bahkan lebih, contoh gunting kuku korek kuping sisir pentul dan sejenisnya.
Konsep toko sembako modern itu identik dengan rapi dan bersih dan pelayan yang ramah, kesanya nyaman dan cepat.
persaingan yang perlu di benahi pada toko kelontong, adalah harga jual barang seperti admin sampaikan pada poin lima di atas, artikel ini saya rangkum berdasarkan pengalaman dan niat ingin berbagi pengalaman dan semua gratis jika ingin bertanya maka silahkan comen di bawah.
Awal mula toko ritel moderen muncul itu pada tahun 1992 kurang lebih, dahulu ritel moderen seperti minimarket kesanya mahal karena berkonsep moderen atau konsep orang kaya, padahal sama saja dengan toko kelontong biasa hanya saja yang di jual kebanyakan kebutuhan sekunder saja, karena barang pokok yang paling diminati di toko moderen adalah kebutuhan sekunder dan tersier sementara primer hanya sebagai pelengkap saja, tidak perlu khawatir apabila di seputaran toko kita terdapat banyak di buka grosir toko sembako, karena barang yang di jual di toko moderen cenderung kebutuhan sekunder dan target pasarnya yaitu konsumen menengah ke atas 50% menegah ke bawah 25%, persentase ini di lirik banyak kompetitor karena dominan orang yang ekonominya menengah ke atas lebih royal berbelaja barang barang sekunder.
memulai semua ini perlu pertimbangan yang matang tampa ilmu berindak sama saja menjatuhkan diri kedalam lobang, hidari berburuksangka dan selalulah banyak banyak ber syukur atas apa yang di berikan oleh sang pemberi rezeki allah subhanahuatala, pokus pada sektor yang kamu minati misalkan toko kelontong mini market atau sejenisnya, karena cakupan dari konsep tersebut sedikit berbeda namun peranya sama, sama sama menjual barang sejenis.

desain toko kelontong modern penataan toko kelontong modern menata warung sembako sempit isi warung sembako cara menghitung laba toko kelontong konsep toko sembako modern



Post a Comment for "5 CARA BERSAING SEHAT ALA MINIMARKET\TOKO KELONTONG RITEL MODEREN"